Breaking News

Startup Bussines Development Masa Kini

Informasibisnis.net – Sebagian masyarakat Indonesia, tentu masih awam dengan kata startup, atau mungkin sering mendengar namun tidak mengetahui dan memahami apa itu startup sebagai bussines development masa kini. Kata startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Sedangkan menurut Wikipedia, startup wiki merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat, atau lebih tepatnya startups ideas.

Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net, Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok yaitu startup pencipta game, startup aplikasi edukasi serta startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi. Menurutnya startup game dan aplikasi edukasi punya pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah, tentuanya dengan perkembangan internet saat ini.

Dengan berkembangnya media sosial dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, Rama menilai tantangannya di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit. Namun untuk yang berbau informasi – startup nedia atau berita berbagai tema, perkembangannya justru jauh lebih pesat lagi.

Hal yang paling utama untuk mendirikan Startup adalah tim yang solid, karena dengan adanya tim yang solid bisa memunculkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif. Dengan ide dan eksekusi yang tepat, tentunya para founder tidak akan kesulitan menarik minat masyarakat maupun mencari investor, sebagai peluang bisnis mencari uang.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh wartawan Warta Ekonomi kepada Molly Nagler (Startup Mentor di Silicon Valley), Molly mengatakan bahwa hampir semua Startup gagal, namun kegagalan itu tidak harus dipandang sebagai sesuatu yang negatif karena masih banyak sisi positif didalamnya. Maksudnya adalah jika founder Startup gagal saat melakukan eksekusi maka ia berkesempatan untuk belajar sesuatu yang baru dan ilmu baru, seperti konsep trial and error pada umumnya.

Kemudian, keuntungan apa yang bisa didapat ketika kita mendirikan Startup?


Jika dilukiskan dengan sebuah perumpamaan, membangun bisnis startup ibarat membangun sebuah taman bermain untuk anak-anak, dimana dalam taman bermain tersebut disediakan fasilitas-fasilitas seperti taman bacaan, taman rekreasi, dan masih banyak lagi. Kemudian kita membuka taman bermain itu secara free untuk semua anak. Bisa dibayangkan, apa yang terjadi? Pasti banyak orang berdatangan kesana.

Yang jelas ketika kita membuat startup sendiri, membuat website yang spesifik, dengan menggunakan internet marketing lalu orang merasa website yang kita sediakan bermanfaat dan terlebih lagi ketika website tersebut dapat  memberikan solusi atas sebuah permasalahan yang ada di sekeliling lingkungan kita. Secara otomatis orang-orang tersebut akan memberitahukan kepada lebih banyak orang lagi bahwa ada website yang sangat bermanfaat dan layak diikuti terus. Dari sinilah visitor berdatangan.

Visitor berdatangan ibarat sebuah pasar. Ketika banyak orang berkumpul kemungkinan besar banyak orang juga yang berjualan. Nah disinilah kita bisa jadikan tempat berkumpulnya orang-orang untuk berjualan dan mencari duit. Kita bisa berjualan apapun tentunya sesuai dengan tema website, yang telah terkategorisasi.
Contoh dari startup website di Indonesia adalah bikinbisnis.com, yaitu sebuah e-Commerce Platform yang didukung dengan digital marketing terbaik menuju bisnis UMKM yang siap menghadapi pasar global, di dukung juga dengan startup funding.. woow keren ! Di bikinbisnis.com UMKM di seluruh Indonesia dapat memasarkan produk unggulannya, sehingga produsen tidak perlu pusing membuat dan memasarkan. Cukup fokus pembuatan produk yang berkualitas, untuk pemasaran bisa diserahkan di bikinbisnis.com. Yang menarik layanan ini ada versi gratisnya lho..Selain itu, juga disediakan pula versi berbayarnya.

No comments