Breaking News

Kebiasaan Pelanggan Yang Wajib Diketahui




Konsumen merupakan istilah yang lebih umum untuk mewakili pelanggan, atau kata lain pelanggan. Tidak semua konsumen disebut sebagai pelanggan. Tetapi semua konsumen adalah pelanggan. Pengertian pelanggan secara umum adalah pengguna barang atau jasa hanya pada waktu tertentu saja. Sedangkan pelanggan adalah pengguna yang sering dan selalu memakai jasa atau barang tertentu dalam jangka waktu tetap.

Misalnya, seorang nasabah bank, lebih tepat disebut pelanggan daripada konsumen. Karena nasabah itu hampir selalu menggunakan jasa keuangan di bank tempat dia menyimpan dana. Bank tentu ingin nasabah tersebut loyal menggunakan berbagai layanan bank tersebut, tidak pindah ke bank lain. Itu salah satu contoh perilaku konsumen atau ciri-ciri perilaku konsumen.

Di hari pelanggan ini ada baiknya kamu bertanya pada diri sendiri, apakah jenis perilaku konsumen dan apakah sudah menjadi pelanggan yang baik dari suatu layanan yang sering kamu gunakan secara berulang-ulang dan terus menerus?
Jika belum, sebaiknya kamu perlu mengenali macam macam perilaku konsumen yang baik, dan mulai detik ini juga berusaha menjadi pelanggan yang memiliki kebiasaan sebagai berikut. Ciri ini dikutip HaloMoney.co.id dari berbagai sumber, 6 kebiasaan pelanggan :

1. Memilih Berdasarkan kebutuhan
Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan pelanggan yang baik selalu memilih layanan atau produk berdasarkan kebutuhan. Tanpa layanan atau produk itu, aktifitasmu akan terganggu sehingga kamu harus memiliki layanan atau barang tersebut. Sementara pelanggan yang memiliki kebiasaan keuangan buruk sering memilih layanan hanya berdasarkan emosi sesaat, tanpa pertimbangan yang matang. Kadang pelanggan seperti ini hanya sekedar ikut-ikutan teman atau termakan iklan di media massa dan media online.


2.Memilih berdasarkan kemampuan finansial
Ciri lainnya ialah selalu mengukur kemampuan finansial sebelum memilihlayanan atau produk tertentu. Jika kamu memilih asuransi jiwa, kamu akan mengukur asuransi dengan premi dan nilai pertanggungan yang sesuai dengan kemampuan finansialmu.

3. Selalu mengetahui sistem pelayanan pelanggan
Ciri yang satu ini sangat penting bagi setiap pelanggan. Misalnya, pelanggan akan mencatat nomor dan email penting untuk pelanggan di buku saku khusus atau note di smartphone. Misalnya, nomor hotline darurat, nomor telpon keluhan pelanggan, nomor pelanggan, hingga manager atau sales yangmembantu kamu membeli suatu produk atau layanan. Dengan mencatat nomor-nomor penting tersebut, kamu akan lebih mudah mendapatkan layanan, terutama saat keadaan darurat.

Informasi lebih lanjut kunjungi : Bikinbisnis.com 6 Kebiasaan Pelanggan Yang Wajib Diketahui Oleh Pengusaha

No comments