Breaking News

Jangkau Pasar Seluruh Wilayah Indonesia, Nature Republic Gabung di Tokopedia

Gelombang Korea atau Hallyu Wave di Indonesia memang belum pudar. Buktinya, salah satu brand kosemtik kenamaan asal Korea Selatan, Nature Republic telah hadir di Indonesia pada 20 Januari 2018 di Mall Puri Indah, Jakarta. Menariknya, merk yang dikenal lewat produk Aloe Vera Shooting Gel ini mendapat sambutan yang sangat baik dari para konsumen Indonesia. Setidaknya, ada sekitar lima ratus orang hadir dalam pembukaan store pertamanya itu. Maklum, memang setahun belakangan produk tersebut memang menjadi favorit di Indonesia.



Melihat animo yang sangat besar dari para konsumennya, tanpa menunggu lama Nature Republic kembali membuka store lainnya di Mall Gandaria City. Sama seperti di toko pertamanya antrean para pengunjung untuk membeli produk yang dikenal menggunakan bahan alami ini pun sangat memuaskan. Setelahnya, Nature Republic kembali membuka outletnya di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Dan, lagi-lagi dibanjiri konsumen yang biasa disebut natureholic. 

Franseda Natalio, Presiden Direktur Nature Republic Indonesia mengungkapkan bahwa pihaknya sadar bahwa pasar skincare dan kosmetik asal Korea Selatan sangat digemari di Indonesia. Khususnya, para remaja wanita. 

Seolah tak hanya ingin menggapai pasar di Jakarta, Nature Republic juga membuka tokonya secara online. Menariknya, brand yang sudah ada sejak 2009 itu tak berdiri sendiri, melainkan bergabung dengan Tokopedia. Nature Republic mengaku memang sengaja bergabung dengan salah satu marketplace terbesar di Indonesia itu. Mereka sadar bahwa pasar Indonesia sangat luas dan mereka ingin menjangkau semuanya dan salah satu caranya adalah dengan membuka toko via online. 

“Market di Indonesia kan besar gitu. Tapi kami sadar kalau kami tidak memiliki pengalaman di bidang penjualan online, jadi kami gabung dengan Tokopedia. Karena kalau kita coba handle sendiri khawatir pelayanannya kurang maksimal,” ujar Franseda Natalio. 

Sama seperti toko offlinenya, sambutan dari para natureholic juga sangat baik di dunia maya. Tercatat ada sekitar 3600 transaksi dalam waktu 10 jam di hari pertama pembukaan toko online Nature Republic pada 19 Januari 2018 lalu. Hal itu pun terpaksa membuat store onlinenya ini tutup untuk sementara waktu karena stok yang disediakan telah habis di hari yang sama.

“Kami sebenarnya ingin kerjasama dengan marketplace lain hanya saja kami harus memperbaikin logistiknya dulu. Karena kemarin aja, kami buka di Tokopedia yang harusnya stok untuk satu bulan, tapi habis dalam waktu sepuluh jam. Untungnya kita baru coba sama satu marketplace dan kita sudah kaget dengan sambutannya dan kami sempat kewalahan. Jadi sekarang kami ingin memperbaiki sistem dulu, setelah itu kami baru akan membuka di marketplace lain dan memang sudah ada rencana kesana juga,” lanjut Franseda. 

Sementara itu, Franseda mengaku Nature Republic masih belum memiliki rencana untuk membuka sendiri tokonya secara online seperti di negara asalnya, Korea Selatan. 

“Kami belum ada rencana membuka toko online sendiri, tapi kedepannya kami juga akan membuka ke marketplace lainnya yang besar-besar. Menurut kami dengan bergabung di marketplace itu akan jauh lebih secure. Artinya buat melayani customer dengan marketplace lebih baik. Karena mereka lebih pengalaman dengan costumer online lebih baik kan dan sistem udah bagus semua. Kalau kami buka sendiri kami khawatir keteteran dan cust malah kurang puas pelayanannya,” terang Franseda. 

Terakhir, Franseda mengaku bahwa untuk jumlah penjualan melalui online dan offline sama besarnya. “Sama aja sih online sama offline juga,” tutupnya.

Tidak ada komentar