Breaking News

7 Langkah Efektif Rencana Pemasaran Media Sosial


Media sosial adalah saluran pemasaran penting untuk bisnis dari semua ukuran. Pertanyaan umum beberapa tahun yang lalu, "mengapa bisnis kita menggunakan media sosial?", Sekarang diganti dengan, "bagaimana bisnis kita dapat berkembang dengan pemasaran media sosial?".

Sebagai pemasar media sosial, ini membuat s7 Langkah Efektif Rencana Pemasaran Media Sosialaya sangat bersemangat. Yang tidak membuat saya bersemangat adalah berapa banyak bisnis yang masih mencoba memasarkan melalui media sosial tanpa strategi terdokumentasi. Dalam posting ini, Anda akan mempelajari tujuh langkah yang harus dilakukan bisnis Anda untuk menciptakan strategi pemasaran media sosial yang efektif.

Langkah 1: Audit Kehadiran Sosial Anda saat ini

"Kenali dirimu sendiri. Kenali pelangganmu. Berinovasi. "- Beth Comstock

Sebelum Anda menyusun strategi tentang tujuan Anda, lihatlah di tempat Anda berada. Beberapa area yang perlu dipertimbangkan saat mengaudit media sosial bisnis Anda adalah:

· Jaringan mana yang saat ini Anda aktifkan

· Apakah jaringan Anda dioptimalkan (foto dan gambar sampul, bio, URL, dll.)

· Jaringan mana yang saat ini memberikan nilai paling banyak

· Bagaimana profil Anda dibandingkan dengan profil pesaing Anda

Langkah 2: Dokumentasikan Siapa Pelanggan Ideal Anda

"Tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan sangat baik, produk atau layanannya sesuai dan dia jual sendiri." - Peter Drucker

Anda akan ingin mendapatkan sespesifik mungkin pada bagian ini. Misalnya, jika Anda mengidentifikasi target pasar Anda sebagai orang tua, itu akan baik-baik saja. Namun, jika Anda mengidentifikasi pelanggan ideal Anda sebagai orang tua yang tinggal di Amerika Serikat, berusia antara 30 dan 50 tahun, berpenghasilan lebih dari $70.000, terutama pengguna Facebook dan memiliki minat terhadap aktivitas di luar ruangan, Anda akan memiliki kesuksesan yang jauh lebih banyak.

Bahkan pemasar terbaik pun akan gagal jika mereka memasarkan produk pada khalayak yang salah. Jawablah pertanyaan berikut untuk membantu Anda menghasilkan persona pembeli yang sangat fokus:

· Usia Pelanggan?

· Lokasi Pelanggan?

· Jenis Pekerjaan?

· Pendapatan?

· Poin Keinginan (Yang dapat anda berikan sebagai solusi) ?

· Jaringan Sosial Paling sering digunakan?

Langkah 3: Buat Pernyataan Misi Media Sosial

"Apa yang membuat Anda unik dan berbeda sehingg membuat Anda menonjol." - Dan Schawbel

Pernyataan misi media sosial Anda akan mendorong tindakan masa depan Anda, jadi pastikan Anda memikirkannya. Pernyataan ini akan menjelaskan dengan jelas apa yang Anda rencanakan untuk menggunakan kehadiran media sosial Anda dan harus mencerminkan identitas merek. Ingatlah pelanggan ideal Anda saat mencoba membuat pernyataan ini.

Contoh pernyataan misi "menggunakan media sosial untuk mendidik pelanggan potensial dan terkini tentang pemasaran digital, dengan fokus pada pemasaran media sosial." Begitu Anda memiliki pernyataan ini didokumentasikan, akan memudahkan Anda memutuskan apa yang harus dibagikan dan dibuat.

Jika tidak sesuai dengan pernyataan misi Anda, lupakan saja. Bisnis yang mengeposkan secara acak tanpa misi penuntun akan gagal. Karena orang mengikuti ahli, bukan generalis.

Langkah 4: Identifikasi Metrik Kunci Sukses

"Jika Anda tidak dapat mengukurnya, Anda tidak dapat memperbaikinya." - Lord Kelvin

Bagaimana Anda akan menentukan apakah upaya pemasaran media sosial Anda berhasil? Saya tidak hanya berbicara tentang mendapatkan lebih banyak pengikut, saya berbicara tentang menghasilkan uang. Bagaimanapun, sulit untuk merasionalisasi pengeluaran waktu dan uang untuk sesuatu.

Beberapa metrik yang perlu dipertimbangkan adalah:

· Tingkat konversi

· Waktu yang dihabiskan di Website

· Pencapaian

· Penyebutan merek

· Sentimen

· Jumlah Saham

Langkah 5: Buat dan ciptakan sebuah Konten

"Konten adalah tempat saya berharap banyak uang riil akan bersumber di Internet." - Bill Gates

Sayangnya, banyak bisnis langsung terjun ke langkah ini. Mudah-mudahan, posting ini telah memperjelas bahwa ada beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan sebelum mulai membuat dan mengurasi konten yang menarik untuk dibagikan di saluran media sosial Anda.

Mari kita bahas bagian yang menyenangkan, posting ke media sosial. Anda tahu siapa pelanggan ideal Anda dan Anda menggunakan informasi tersebut untuk membuat pernyataan misi media sosial Anda. Berbekal informasi ini, mudah bagi Anda untuk mulai membuat dan mengurasi konten. Lantas, apa sebenarnya yang dianggap konten? Berikut adalah beberapa contoh konten yang bisa Anda buat:

· Gambar

· Video

· Posting blog

· Berita perusahaan

· Infografis

· eBuku

· Wawancara

Daftar ide konten berjalan terus dan terus, namun pastikan Anda hanya berfokus pada bentuk konten yang sesuai dengan pernyataan misi Anda, dan juga berhubungan dengan keahlian Anda. Konten adalah apa yang memicu media sosial, jadi penting bagi Anda untuk mempertimbangkan untuk menciptakan sebuah konten yang berkualitas tinggi, sehingga menarik konten sebagai prioritas utama.

Saya sangat menyarankan agar Anda membuat kalender konten yang menjelaskan seberapa sering Anda memposting ke setiap jaringan, topik mana yang akan Anda bagikan dan kapan Anda akan membagikannya.

Langkah 6: Berinvestasi dalam Alat Manajemen Media Sosial

"Kita hidup di masa di mana orang biasa bisa melakukan hal-hal menakjubkan dengan menggunakan alat yang tepat"

Kebanyakan pemasar memiliki rahasia, mereka memanfaatkan alat untuk meningkatkan produktivitas mereka. Baik, mungkin itu bukan rahasia, tapi tanpa alat, pemasar akan menghadapi hal yang konstan (banyak yang melakukannya dengan alat). Ketika datang ke media sosial, memiliki alat pengelolaan media sosial memungkinkan Anda mengukur usaha Anda dengan mudah.

Salah satu manfaat utama alat manajemen media sosial adalah kemampuan untuk menjadwalkan posting sebelumnya. Ingat kalender konten yang Anda buat? Pastikan pos terjadwal Anda dalam alat pengelolaan media sosial Anda selaras dengan kalender konten Anda.

Langkah 7: Lacak, Analisis, Optimalkan
"Jika Anda mengumpulkan data cukup lama, itu akan menjawab apa saja." - Ronald Coase

Ini mungkin merupakan langkah paling penting dalam hal kesuksesan media sosial. Bahkan pemasar media sosial terbaik pun mengandalkan trial and error. Ini mungkin tampak mendasar, namun melacak hasil Anda, menganalisis data dan kemudian membuat tweak untuk mengoptimalkannya sangat penting.

Setiap langkah sebelumnya harus dievaluasi ulang setelah Anda sempat menganalisis hasil usaha pemasaran Anda. Biarkan data mengantar Anda. Jika Anda memberi tahu Facebook atau Twitter adalah saluran Anda yang paling efektif, pertimbangkan untuk menggandakannya.

Buat strategi dan mulailah mengoptimalkannya saat Anda terus bertambah dan belajar lebih banyak tentang bisnis dan audiens Anda.

Tidak ada komentar