Breaking News

10 Cara Tampil Meyakinkan di Depan Klient

Jika anda seorang yang berhubungan langsung dengan klien, Kesan pertama sangatlah penting sebab dengan ini dapat menentukan apakah kerjasama akan berlanjut atau tidak. Berikut kami berikan tips agar anda dapat tampil powerful dan meyakinkan didepan client anda dan mereka merasa berbicara dengan orang yang tepat.

#1. Berpenampilan Seperti seorang Professional 

Apapun bisnis anda, tidak ada salahnya berpenampilan rapih seperti seorang professional. Dengan begitu anda akan memperoleh respect dari calon klient anda. Berpakaian sewajarnya dan tidak berlebihan misalnya dengan memakai kemeja yang rapih dan tidak kusut sudah cukup. Jangan lupa gunakan sepatu pantofel hitam yang mengkilat, jika klient anda adalah seorang bisnisman besar sebaiknya gunakan jas untuk mengimbangi klient anda tersebut. 

#2. Jadilah pendengar dan Pemberi solusi yang baik 

Client sebenarnya adalah pembeli yang membutuhkan produk ataupun jasa anda, untuk itu dengarkan apa yang mereka mau, berikan solusi yang membuat klient anda yakin untuk bekerjasama dengan anda. Jangan pernah potong pembicaraan klien kecuali jika mereka melewati batas. Jadilah pendengar yang baik untuk klien karena nantinya anda butuh untuk menganalisa apa yang klient anda butuhkan. 

#3. Datang Tepat waktu sesuai Jadwal 

Sebaiknya datang 15 menit atau 30 menit sebelum klient datang, tujuannya adalah mempersiapkan diri dan memastikan tidak ada yang kurang untuk dipresentasikan pada klient anda. Selain itu dengan datang lebih awal akan menunjukan professionalitas anda dan memberikan kesan yang baik untuk klient. 

#4. Atur Kosakata Saat Berbicara 

Saat anda berdiskusi dengan klient sebaiknya melihat lawan bicara anda dan berusahalah untuk tidak memakai istilah yang susah dipahami, contohnya jika anda adalah seorang IT maka jangan menggunakan Bahasa atau kata-kata teknis di bidang IT sebab hal ini akan membuat klient tidak mengerti apa yang anda maksudkan. Gunakan Bahasa yang umum dan mudah dipahami termasuk saat anda diminta menjelaskan tentang produk yang anda tawarkan tersebut. 

#5. Persiapkan Alat-alat Presentasi 

Hal ini mungkin terlihat simple, tapi berdampak besar pada bisnis anda. Anda harus mempersiapkan bahan presentasi dengan baik. Jangan lupa untuk memastikan alat-alat yang anda pakai tidak mengalami masalah ditengah-tengah presentasi anda. 

Buatlah presentasi anda terlihat menarik dimata klien, dan tentunya tidak membosankan. Sebab yang terpenting adalah tujuan utama yang ingin dicapai klient dapat anda berikan. 

#6. Tidak Begadang malam sebelum presentasi 

Sebaiknya jaga pola tidur anda, jangan begadang agar kantung mata tidak hitam ketika presentasi. Selain itu begadang akan membuat anda tidak tampil secara maksimal dan dapat mengganggu jalannya presentasi dengan klient. Untuk itu pastikan anda tidak begadang agar keesokan harinya anda bangun dengan wajah dan badan yang fresh sehingga siap untuk bertemu klient. 

#7. Sajikan data presentasi yang akurat 

Membawa data yang akurat sangat penting agar anda dapat memberikan gambaran pada klient tentang bagaimana project akan diselesaikan atau berapa lama timeline yang dibutuhkan untuk mengerjakan project tersebut. Termasuk biaya-biaya yang dibutuhkan, sehingga klient tau tentang perhitungan budget yang harus dia keluarkan untuk menggunakan produk atau jasa anda.

Baca Juga : Tingkatkan Brand Awarness, Renault Kerjasama dengan Alibaba

#8. Selalu Sediakan Plan 'B' 

Sebaiknya anda menyiapkan rencana cadangan saat akan presentasi pada client. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Misalnya membawa ponsel dan laptop yang siap digunakan untuk presentasi, sehingga saat salah satunya tidak dapat digunakan masih ada yang lainnya. 

#9. Kenali karakteristik klient 

Cari tahu karakteristik klient anda, dengan demikian anda akan tahu apa yang mereka mau. Seperti pepatah yang mengatakan “Kenali musuhmu dan dirimu maka kemenangan pasti ada ditangan”. Musuh disini adalah perumpamaan untuk klient anda tetapi bukan untuk menjadi lawan namun menjadi rekan bisnis. Sebab saat kamu tahu apa yang kamu hadapi kamu akan tenang dalam melangkah dan kemungkinan untuk meraih kemenangan lebih besar. 

#10. Melihat dari sudut pandang bisnis 

Saat anda berbicara dengan klient, lihatlah segala sesuatu dari sudut pandang bisnis, artinya anda mengimbangi apa yang klient anda lihat anda harus lihat juga, tentunya tanpa meninggalkan sisi idealis anda. Yakinkan bahwa anda dapat memberikan lebih dari apa yang klient harapkan. Tapi ingat jangan pernah menjanjikan sesuatu yang diluar kemampuan anda, sebab dapat menimbulkan kekecewaan dan merusak citra anda dimata klient. 



Itulah 10 cara tampil meyakinkan didepan klient, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan gambaran jelas bagaimana harus menghadapi klient dan meraih kesuksesan besar bersama klient anda.

No comments