Breaking News

Shopee Platform E-Commerce yang Bebas Ongkos Kirim

shopee-platform-E-Commerceyang-bebas-ongkos-kirim

Seiring dengan menjamurnya bisnis online di Indonesia, pertumbuhan e-commerce semakin pesat sepanjang 2017 silam. Dilansir dari detik.com berdasarkan riset Google Temasek beberapa laman e-commerce jadi yang paling banyak dicari oleh warganet. Nama-nama seperti, Lazada dan Tokopedia berada di posisi puncak dan ada pertumbuhan yang konsisten dari Shopee.

Shopee merupakan perusahaan e-commerce yang berada di bawah naungan Garena (berubah nama menjadi SEA Group), perusahaan internet di Asia Tenggara. Menjalankan bisnis C2C mobile marketplace, Shopee resmi diperkenalkan di Singapura pada tahun 2015 yang diikuti dengan negara Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Mengusung visi "Menjadi C2C Mobile Marketplace Nomor 1 di Asia Tenggara", Shopee yang berada di bawah naungan CEO, Chris Feng, pria lulusan terbaik dari Universitas Nasional Singapura yang memungkinkan para penggunanya membeli atau menjual barang melalui aplikasi yang tersedia di platform iOS dan Android.

Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Sejak peluncurannya, Shopee Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan hingga Oktober 2017 aplikasinya sudah didownload oleh lebih dari 25 juta pengguna.

Pertumbuhan Shopee di Indonesia memang cukup signifikan. Dilansir dari detik.com Shopee bahkan dapat menyalip posisi bukalapak.com dalam daftar e commerce yang paling digemari di Indonesia. Selain itu, banyak pula pedagang khususnya UKM memanfaatkan e commerce ini sebagai salah satu platform untuk menjajakan produk yang dimilikinya.

Selain itu, untuk bergabung sebagai penjual di Shopee juga sangat mudah. Penjual hanya perlu mengunduh aplikasi Shopee di android atau ios miliknya. Setelah itu, penjual hanya perlu mengunduh foto produk yang akan dijual. Jangan lupa, foto yang diunggah juga harus dibuat semenarik mungkin agar para konsumen merasa tertarik dengan produk yang dijualnya.

Selain itu, Shopee juga akan menawarkan one stop mobile experience, Shopee menyediakan fitur live chat yang memudahkan para penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi dengan mudah dan cepat. Tak hanya untuk penjual, Shopee juga memberikan layanan untuk para kostumernya. Pasalnya, Shopee akan menahan pembayaran kostumer sebelum barang yang dibeli sampai di tangan konsumen.

Shopee Indonesia juga berkerjasama dengan beberapa jasa logistik di Indonesia, seperti JNE, J&T, GO-JEK (Go-Send), dan Pos Indonesia untuk membantu proses pengiriman barang. Selain itu, dalam perjalanannya Shopee juga mendapat berbagai penghargaan, seperti "The Indonesian Netizen Brand Choice Award 2017" untuk kategori Belanja Online pada Maret 2017. Penghargaan ini merupakan bagian dari komitmen media Warta Ekonomi untuk mengapresiasi perusahaan dan brand di seluruh negeri yang telah menunjukkan dampak positif signifikan pada platform digital, khususnya di Media Sosial.

Kemudian, Shopee juga mendapat “The Best in Marketing Campaign” di ajang penghargaan bergengsi Marketing Award 2017 yang dipersembahkan oleh Majalah Marketing pada September 2017 lalu. Terpilihnya Shopee merupakan pengakuan atas suksesnya kampanye pemasaran yang terpusat pada pengguna pada tahun sebelumnya, seperti Mobile Shopping Day 2016 dan Kampanye Ulang Tahun “Paling Murah” yang memberikan kontribusi signifikan terhadap performa bisnis Shopee dan industri e-commerce secara umum.

Terakhir, Shopee juga mendapatkan “Bright Awards Indonesia 2017” untuk kategori Iklan Paling Berkesan (The Brightest Ad) mengungguli 6 nominator lainnya. Terpilihnya Shopee merupakan hasil pengakuan dari voting masyarakat Indonesia atas suksesnya iklan Shopee yang bertajuk “Parodi Jokowi”. Iklan ini mengusung tema kedekatan lokal Presiden Joko Widodo, yang sering memberikan sepeda untuk masyarakat Indonesia.

No comments