Breaking News

Media Sosial Platform Baru Bisnis Online Tanpa Modal

Seiring berkembangnya zaman, banyak hal yang mengalami perubahan, mulai dari gaya hidup sampai cara membangun usaha atau bisnis. Jika di masa lalu membuat sebuah bisnis membutuhkan modal yang besar, tak demikian dengan sekarang. Di era digital seperti saat ini, membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang sulit. Pasalnya, belakangan ini modal besar sudah tak menjadi halangan setiap orang untuk membangun sebuah usaha. Salah satunya dengan membuat bisnis secara online atau online shop.
media-sosial-platform-baru-bisnis-online-tanpa-modal


Bisnis online belakangan ini memang sedang menjadi tren baru di seluruh dunia. Maklum, membuat sebuah online shop memang sangat mudah. Pengusaha hanya perlu memanfaatkan media sosial untuk menjajakan barang dagangannya. Apalagi saat ini media sosial seperti Facebook, sudah memiliki platform sendiri untuk membantu pengusaha berbisnis. Sehingga, tak sedikit pengusaha jualan online di Facebook dan sukses. Selain itu, melalui facebook para pengusaha juga tak perlu lagi mengeluarkan modal untuk mempromosikan barang dagangannya.

Cara berjualan di facebook tidaklah sulit. Pengusaha tak perlu duduk diam di depan komputer atau laptop sepanjang hari untuk melayani para pembeli. Mereka hanya perlu sebuah ponsel pintar atau handhpone dan koneksi internet yang memadai serta membuat sebuah akun di Facebook. Jangan lupa, nama dari akun tersebut sama seperti nama dari toko yang akan memasarkan barang dangan, sehingga nama yang digunakan haruslah unik.

Untuk membuka usaha online shop, para pengusaha juga tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Bahkan, beberapa pebisnis online hanya bermodalkan nol rupiah untuk membuka bisnis onlinenya.  Salah satu trik yang dilakukan penjual lakukan adalah dengan menggunakan memanfaatkan sistem reseller. Reseller merupakan sebiuah sistem yang digunakan seorang distributor untuk menaikan jumlah penjualannya. Biasanya, hal ini sering dilakukan oleh para pengusaha online shop di bidang fashion.

Selain itu, melalui sistem reseller para pengusaha online shop juga tak perlu pusing dengan banyaknya barang dagangan yang menumpuk. Pasalnya, untuk menggunakan sistem ini distributor akan memberikan layanan dropshipper. Sebuah layanan yang akan mengirimkan langsung kepada kostumer. Sayang, untuk sistem dropshipper ini memang kurang baik. Karena reseller tak mengetahui langsung kualitas dari barang yang sudah dikirim.

Namun, dengan menjamurnya bisnis online shop di dunia. Pengusaha juga harus mencari cara atau trik agar usaha onlinenya dapat berhasil. Selain itu, pengusaha juga harus mengetahui jenis usaha online apa yang paling menguntungkan. Hal ini sebaiknya harus dipikirkan setiap pengusaha khususnya pemula di awal pembukaan toko onlinenya. Maklum, saat ini untuk sukses usaha online pengusaha tak lagi bersaing dengan beberapa brand yang sudah memiliki nama besar yang juga memiliki usaha online.

Kendati begitu, pengusaha pemula tak perlu merasa takut untuk memulai usaha online. Asalkan mereka mengetahui cara untuk mengatasi sebuah masalah dalam berbisnis, besar kemungkinan usaha online yang dibangunnya akan menjadi yang terbaik. Tak hanya itu, pemilihan produk yang dijual juga perlu diperhatikan. Pengusaha tak dapat hanya sekadar mengikuti tren dalam membuat sebuah usaha online.

Pengusaha juga perlu meneliti barang apa yang menguntungkan untuk di jual secara online. Selain itu, pengusaha juga perlu memperhatikan target konsumen dalam menjual barang dagangannya. Tak lupa, pengusaha online juga perlu menjaga kualitas dan citra dari usaha onlinenya agar selalu mendapat kepercayaan dari para pelanggannya.

No comments