Kamis, 28 April 2011

Cara memasarkan produk yang efektif dan murah

Media pemasaran produk di era digital sekarang ini baik produk jasa maupun produk barang yang paling efektif dan murah adalah menggunakan media online. Kenapa media online?.  Karena media online seperti blog tidak sulit dibuat, blog dapat dikelola dengan mudah dan gratis. Karena gratis inilah di internet sekarang ini telah dibuat jutaan URL blog atau website berbahasa Indonesia.

Sebagian besar dari blog yang pernah dibuat adalah blog pribadi, yang didalamnya hanya berisi catatan harian dan tulisan apapun yang bukan bersifat bisnis atau pemasaran produk. Tidak semua blog yang pernah dibuat dikelola dengan benar dan terencana. Banyak blog khususnya blog pribadi tersebut dibiarkan terlantar.

Namun seiring dengan kesadaran para tenaga pemasar  akan pentingnya penggunaan strategi pemasaran produk yang murah dan efektif, maka kini persentase blog yang dimanfaatkan untuk tujuan pemasaran produk secara online meningkat pesat.


Cara memasarkan produk yang efektif dan murah.


1.  Gunakan blog sebagai media memasarkan produk anda.


Membuat blog itu tidak sulit dan anda hampir tidak harus mengeluarkan biaya sedikitpun untuk membuat blog selain dari biaya akses internet. Karena itulah kebanyakan pemasar online memanfaatkan blog sebagai sarana memasarkan produk perusahaan mereka.

Ada 2 jenis blog, yang pertama blog gratis seperti blog blogspot.com dan blog wordpress.com.  Kedua jenis blog ini mudah dibuat dan sudah sangat populer.  Ada juga jenis blog berbayar yaitu blog wordpress.org dan blog yang dibuat dengan software populer lainnya. Namun menurut saya blog berbayar wordpress.org masih jauh lebih mudah dikelolah. Jadi saya menyarankan anda membuat blog wordpress.org

Untuk membuat blog berbayar bulanan wordpress.org anda bisa langsung menghubungi penyedia jasa hosting dalam negeri yang banyak tersedia di Indonesia ini. Atau kalau anggaran anda mencukupi anda bisa pilh jasa hosting luar negeri yang popularitasnya sudah mendunia.

2.  Pasang iklan di situs web atau blog populer.


Ini cara lain memasarkan produk perusahaan anda dengan efektif dan relatif murah. Anda harus mengetahui website/blog yang paling populer dan mendapatkan kunjungan dari pengunjung yang menjadi target anda. Anda bisa memintah data kunjungan kepada Admin blog atau webmaster situs bersangkutan.

Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa blog atau website tempat anda hendak memasang iklan tersebut relevan dengan bisnis anda. Misalnya produk yang hendak anda iklankan adalah produk olahraga tentu saja tidak relevan memasang iklan anda di blog tentang review produk kosmetik.

Relevan atau tidak sebuah blog dengan bisnis atau produk bisnis anda bisa dilihat dari data apa kata kunci yang diketik pengunjung yang mendatangi blog/website tersebut.

3.  Manfaatkan media sosial online.


Ada banyak media sosial online saat ini, seperti facebook, google+, twitter dll.  Ada bisa pilih media sosial yang anda punya koneksi terbanyak. Misalnya teman anda di facebook sudah mencapai angka 5000, ini tentu saja sangat bagus anda memanfaatkan facebook. Anda bisa update status lalu menampilkan bisnis atau produk yang hendak anda pasarkan dalam update status facebook anda.

Atau lebih jauh lagi anda bisa buat halaman khusus tentang produk usaha anda.  Ini juga cara yang lebih sfesifik untuk memperkenalkan produk usaha anda lebih efketif dan murah, dan anda bisa menjaring informasi apapun terkait dengan  produk anda. Jadi apapun yang anda tulis di halaman khusus produk anda hendaklah berputar disekitar produk yang anda pasarkan.

4.  Buat blog anda bisa lebih mudah diakses menggunakan handphone.


Satu hal yang menarik dari perkembangan dunia pemasaran produk secara online sekarang ini adalah meningkatnya pengakses internet memanfaatkan perangkat mobile seperti handphone.  Hal ini didorong oleh kian murahnya biaya mengakses internet, belum lagi kian banyaknya terpasang titik-titik hotspot yang dapat diakses gratis yang bertebaran hampir di tiap titik berkumpulnya banyak orang.

Pemasaran produk melalui media komunikasi mobile sudah terjadi sejak lama. Kita sering mendapatkan sms yang berupa iklan yang seringkali membuat kita merasa terganggu. Dan kelak mungkin kita pengguna handphone akan bahkan lebih sering mendapatkan pesan iklan berupa gambar, baik berupa gambar diam atau malah gambar video pemasaran produk. Dan boleh jadi kita akan dengan senang hati menerimanya.

Dengan gerak maju teknologi perangkat mobile yang demikian cepat kita boleh memprediksikan bahwa kelak handphone akan menjadi layaknya sebuah televisi yang akan menampilkan iklan yang berupa gambar bergerak.

Dengan banyaknya jumlah pengguna handphone dan semakin majunya teknologi yang diterapkan pada hardware dan software handphone, didukung oleh kian murahnya harga jual sebuah handphone, handphone akan menjadi perangkat mobile yang sangat penting sebagai media pengakses internet.

Tentu saja strategi pemasaran produk melalui perangkat mobile seperti handphone akan mengikuti kemajuan teknologi hardware dan software handphone dan persentase jumlah pemakai handphone dengan teknologi hardware dan software canggih.

Akan menjadi kurang efektifitasnya bila melakukan pemasaran produk melalui perangkat mobile (seperti iklan melalui pesan video) bila hanya sedikit persentase pengguna handphone yang akan (terpaksa) melihat iklan anda.

Dan kelemahan utama dari sebuah perangkat mobile adalah terletak pada ukuran. Akan terasa tidak nyaman melihat sebuah gambar di layar yang kecil, kecuali bila kelak tercipta sebuah handphone layar lebar yang layarnya dapat digulung ketika tidak digunakan, lalu akan terbentang lebar seukuran layar notebook saat melihat pesan bergambar yang masuk.

Lalu bagaimana dengan blog yang sekarang ini menjadi media pemasaran produk secara online paling efektif bila dihubungkan dengan akses internet melalui handhpone. Disinilah kita perlu memadukan keindahan desain sebuah blog dengan kemudahan blog diakses melalui handphone.

Anda jangan terlalu asik memperindah blog dengan memasang banyak gadget hingga blog anda nampak sangat menarik, namun sangat lambat loading khususnya untuk pengakses internet kecepatan lambat, dan tidak setiap gadget yang anda pasang di blog dapat tampil dengan baik di layar handphone.  Prinsipnya buatlah blog mini, indah, informatif, dan mudah diakses melalui handphone.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH