Jumat, 01 Oktober 2010

Membangun Merek dagang

Brand awareness adalah pengakuan atas nama atau logo brand (merek) tertentu, bersama dengan ciri-ciri yang terkait dengan merek dagang tersebut. Sulit untuk memperoleh manfaat dari memiliki sebuah merek (brand) kecuali konsumen menyadari merek dan sifat-sifat yang terkait dengannya.

Apakah itu Brand ?.

Sebuah merek (merek dagang) atau brand membantu posisi produk di pasar. Merek atau merek dagang sering dikaitkan dengan hal-hal yang menjadi pertimbangan kwalitas ketika konsumen sedang mempertimbangkan untuk melakukan pembelian. Dengan kata lain, merek bisa jadi apa yang membuat konsumen menentukan pilihan dalam membeli suatu produk. Sebuah merek yang kuat akan menyampaikan nilai yang anda inginkan terkait dengan produk atau layanan anda.

Preferensi merek.

Preferensi brand adalah ketika preferensi diberikan kepada satu merek atas merek pesaing, atau merek yang dikenal atas merek yang tidak dikenal (tidak populer). Reputasi merek sering mempengaruhi pilihan konsumen. Pembeli biasanya lebih memilih satu merek ketimbang merek (brand) lain karena mereka mengagumi sifat-sifat yang terkait dengan merek yang disukai.

Ekuitas.

Ekuitas merek adalah nilai yang terkait dengan merek. Sering sulit untuk menentukan nilai sebuah merek, karena banyak dari ekuitas merek adalah sebuah nilai kepopuleran menurut persepsi konsumen yang sulit diukur dengan angka.

Menanamkan brand di memori konsumen.

Hal ini mengacu pada kemampuan untuk mengingat rincian spesifik yang terkait dengan merek tertentu. Bagian dari membangun merek yang sukses adalah mampu menjadikan konsumen mengingat sifat-sifat yang terkait dengan merek anda. Cara terbaik dan termudah untuk memiliki sebuah merek yang dikenal dan diingat adalah dari pengulangan. Inilah sebabnya mengapa pengiklan akan begitu sering mengulang frasa tertentu yang berkaitan dengan merek tertentu berulang-ulang.

Jaminan Kualitas.

Sebuah merek yang sukses dan terkenal akan sering meyakinkan pembeli dengan tingkat kualitas tersirat. Tingkat persepsi kualitas biasanya terkait dengan merek. Ada persepsi bahwa jika seseorang memakai produk bermerek terkenal, akan ikut juga menaikkan prestise orang tersebut.

Dinamisasi merek.

Branding bersifat dinamis dan terus berubah. Setiap interaksi pelanggan yang berhubungan dengan suatu merek dapat mempengaruhi pendapat mereka tentang merek itu. Penting sekali memastikan agar interaksi tersebut secara konsisten positif, karena ini akan membantu membangun hubungan pelanggan jangka panjang.

Perluasan merek.

Perluasan Merek adalah tindakan mengambil merek yang ada dan mapan dan dipinjamkan ke produk baru. Ekstensi merek bermanfaat, tetapi juga bisa berbahaya. Memperluas brand yang kuat dengan mengaitkannya untuk produk baru akan mempertaruhkan kredibilitas sebuah brand. jika produk baru tersebut berkwalitas lebih rendah atau tidak memenuhi harapan pelanggan, reputasi merek dapat rusak.

Branding atau merek dagang membantu membedakan produk. Penting sekali bagi anda yang telah memulai bisnis online untuk mempelajari cara membangun brand dan menggunakan branding untuk membangun ceruk pasar anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH